(Sumber: https://kaltim.tribunnews.com/2017/12/31/kalau-sosmed-tidak-ada-masih-mau-travelling-simak-kisah-backpacker-di-korea-selatan-berikut-ini?)

Tinggal menghitung waktu saja kita akan bertemu kembali dengan libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020. Libur panjang menjadi momen tepat bagi sebagian besar masyarakat untuk menikmati berbagai macam kegiatan. Sekian banyak pilihan, backpacker merupakan opsi ideal bagi segelintir orang yang ingin menikmati libur.

Namun, berlibur secara backpacker bukanlah perkara sederhana. Butuh persiapan matang agar Anda bisa menikmati perjalanan wisata tanpa kesulitan nantinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkumkan beberapa tips backpacking bagi para penikmati perjalanan, baik beramai-ramai maupun sendirian.

Mempersiapkan Fisik

Stamina menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan oleh seorang backpacker. Saat Anda ber-traveling secara backpacking pasti akan menggunakan tas ransel (carrier) agar efektif dan efisien membawa berbagai barang/kebutuhan. Di samping ukuran tas carrier yang relatif besar, liburan ala backpacking mengharuskan Anda sering berjalan kaki. Dengan kata lain, fisik haruslah sehat dan kuat. Sebagai jaga-jaga kami harap Anda tidak lupa membawa kotak P3K ukuran mini agar lebih ringkas.

Persiapkan fisik Anda minimal 7 hari sebelum waktu berlibur tiba. Setidaknya Anda berolahraga secara rutin, seperti lari-lari kecil, atur pernapasan, hingga menjaga pola konsumsi. Hal ini bertujuan agar fisik benar-benar siap diajak ber-backpacking sehingga liburan tanpa kendala.

Menjaga Tingkah Laku

Selepas menjaga fisik, Anda harus menjaga tingkah laku ataupun attiude. Perlu diingat bahwa liburan secara backpacking Anda harus siap dengan berbagai kondisi, misalnya tidur di stasiun maupun terminal. Sekalipun tidur di tempat terbuka Anda harus menjaga sikap atau tingkah laku supaya orang-orang yang lalu-lalang tidak merasa terganggu.

Tidak hanya masalah pemilihan tempat tidur saja, menjaga tingkah laku harus dilakukan saat Anda mengunjungi setiap destinasi wisata. Ingat pepatah di mana Bumi dipijak, di situs langit dijunjung. Bahwa setiap destinasi wisata yang Anda kunjungi memiliki sosiokultural yang berbeda sehingga harus pandai menempatkan diri secara bijak sana.

Bawa Keperluan yang Penting

Ada banyak keperluan backpacking yang penting untuk Anda bawa, seperti pemilihan pakaian. Kami sarankan supaya Anda tidak mengenakan pakaian berbahan jeans saat berlibur. Tidak hanya berat, pakaian berbahan jeans cenderung sulit kering saat terkena hujan. Soal pemilihan pakaian memang penting mengingat bulan Desember intensitas hujan mulai tinggi.

Nah, Anda bisa mengenakan pakaian short pants ataupun jegging yang lebih nyaman di lekukan tubuh. Jangan lupa, bawa pakaian cadangan yang mudah kering, ringan, dan menyerap keringat, serta mampu menghangatkan tubuh Anda.

Menyediakan Perlengkapan Tambahan

Liburan ala backpacker Anda harus siap dengan segala kemungkinan, termasuk tidak mandi. Nah, Anda akan membutuhkan tisu basah untuk mengusap tubuh agar terasa segar setelah tidak mandi seharian. Di samping itu, bawa juga alat tambahan, seperti mantel, powerbank, topi, lotion anti sinar ultra violet, dan tas plastik sebagai tempat sampah.

Tentukan Rute/Lokasi Wisata

Agar mempermudah menentukan perjalanan serta jumlah barang bawaan pastikan dulu destinasi wisata mana yang ingin dikunjungi. Anda bisa menghemat biaya jika mengunjungi suatu daerah yang menawarkan beragam destinasi wisata, mulai dari pantai,gunung, museum, dan sebagainya.

Menentukan lokasi wisata tanpa disadari berdampak pada efektifitas waktu dan barang yang dibawa. Artinya, semakin jauh lokasi wisata yang ingin dikunjungi maka Anda membutuhkan waktu dan barang lebih banyak. Setidaknya pastikan lokasi yang ingin dikunjungi jauh-jauh hari serta alternatif destinasi jika terjadi hal di luar prediksi.

Itu saja ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai tips backpacking untuk menikmati libur panjang Natal dan pergantian tahun baru 2019 ke 2020. Tetap hati-hati dan stay happy!